Pelatihan dan Sertifikasi Penanganan Surat dan Dokumen (Mail Handling) oleh PT. Padma Global Nusatama

BAGIKAN :

JAKARTA,- PT. Padma Global Nusatama telah menggelar acara pelatihan dan sertifikasi penanganan surat dan dokumen (mail handling) bagi tenaga kependidikan perguruan tinggi pada 02 November 2022 sampai 04 November 2022, bertempat di Hotel Best Western Premier The Hive Jakarta. Adapun kegiatan ini dihadiri oleh 10 orang peserta dari Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi dan Ibu Shinta Wulandari selaku trainer.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan acara pelatihan oleh Bela Lestari Dwireja, selaku Business and Development dari PT.Padma Global Nusatama. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ibu Shinta Wulandari.

Seluruh tenaga kependidikan, khususnya yang bertugas di bagian administrasi perlu mengetahui macam-macam surat/dokumen yang sering keluar-masuk di Perguruan Tinggi, Dalam menangani dokumen ataupun surat, baik pengiriman maupun penerimaannya harus tepat mulai dari tujuan sampai sifat dari surat dan dokumen tersebut. Oleh karena itu, penyortiran dokumen dan surat secara tepat merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan karena mempengaruhi waktu dan ketepatan saat distribusi surat/dokumen tersebut. Setidaknya, ada dua proses utama dalam kegiatan menerima atau mengeluarkan surat/dokumen, yaitu :

  1. Memproses pencatatan surat/dokumen yang masuk dan keluar

Proses pencatatan menjadi hal yang sangat penting karena dapat membantu kita saat menelusuri surat/dokumen. Tidak hanya berupa dokumen/surat fisik, namun juga surat elektronik harus ada di dalam catatan. Maka, setiap instansi harus memiliki SOP yang di dalamnya memuat hal-hal sebagai berikut :

  1. Identifikasi surat/dokumen
  2. Penyortiran surat/dokumen sesuai tujuan
  3. Pemeriksaan keakuratan dalam berita surat/dokumen elektronik
  4. Pemeriksaan dan identifikasi lampiran pada surat/dokumen
  5. Pencatatan surat/dokumen di dalam sistem

2. Mendistribusikan surat/dokumen

Ketika bagian penerima surat sudah melalui proses pencatatan dan disortir, langkah selanjutnya adalah pendistribusian surat/dokumen. Hal yang perlu diperhatikan saat mendistribusikan surat adalah membuat salinan surat/dokumen yang sesuai dengan SOP, pilihan pengiriman sesuai kebutuhan dan tanda terima surat/dokumen yang harus didokumentasikan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Selain dari pencatatan dan distribusi yang tepat, tenaga kependidikan juga harus mampu menerapkan Kerjasama yang baik dengan kolega dan pelanggan, misalnya mampu untuk menggunakan Bahasa dan nada yang sesuai dengan kaidah, mampu memenuhi kebutuhan dan permintaan dengan segera, serta mampu mengidentifikasi keluhan pelanggan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Tenaga kependidikan dalam hal ini juga dituntut untuk memahami Bahasa Inggris dasar untuk beberapa dokumen ataupun surat yang datang. Hal-hal dasar yang harus dipahami adalah :

  1. Mengenali tanda baca dan tanda umum dalam Bahasa Inggris
  2. Mengetahui isi dari dokumen yang sedang diidentifikasi
  3. Mengetahui tujuan, inti dan dapat memberikan tanggapan dari teks tersebut

Seluruh rangkaian acara ini ditutup dengan harapan bahwa tenaga kependidikan mampu untuk meningkatkan kemampuan pelayanan mereka dalam hal penanganan surat dan dokumen di Perguruan Tinggi sehingga pelayanan yang diberikan akan lebih efektif, efisien dan tepat waktu. Seluruh peserta yang hadir diberikan sertifikat kompetensi sebagai bukti konkret bahwa setiap peserta yang mengikuti pelatihan tersebut sudah lulus ujian kompetensi dan siap untuk menerapkan hasil pemaparan yang telah disampaikan.

BLOG

Fokus Akreditasi: Mutu Perguruan Tinggi Perkuat Implementasi OBE melalui Bootcamp Penyusunan RPS
0
Sukses Besar! Universitas Borneo Tarakan Terapkan Kurikulum Berbasis Luaran (OBE) Melalui In-House Training Mutu Perguruan Tinggi
0
Sukses Gelar Bootcamp OBE Sesi 3: Mutu Perguruan Tinggi Kupas Tuntas Rancangan Tugas untuk Akreditasi Unggul
0
Mutuperguruantinggi.id Gelar ToT Outcome Based Education (OBE) untuk Tingkatkan Kualitas Akreditasi
0
Pelaksanaan In-House Training Audit Mutu Internal di Universitas Mercu Buana Yogyakarta: Mencetak Auditor Kompeten
0
Pelatihan dan Serkom TOT OBE-Oktober 2025
0
Pelatihan dan Serkom TOT OBE-Desember 2025
0
Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Kompetensi – Tata Kelola Organisasi Perguruan Tinggi – BATCH 2
0
Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Kompetensi – Lead Implementer SPMI Terintegrasi ISO 21001:2018 – Oktober 2025
0
Pelatihan dan Serkom TOT OBE-September 2025
0
Transformasi Pendidikan Tinggi: Mengupas Tuntas Bootcamp OBE Batch 1
0
Membentuk Lulusan Unggul Era 5.0: Peran Kunci Kurikulum Outcome-Based Education (OBE)
0
  • All Posts
  • Akreditasi
  • AMI
  • AMI DIGITAL
  • Audit Mutu Internal
  • Buka Puasa
  • Capaian IKU
  • Forum PT Jakarta
  • Indeks Kinerja Utama
  • Informasi
  • Informasi
  • Instrumen HPLC
  • ISO 21001:2018
  • ISO 27001
  • ISO/IEC 17025:2017
  • KARIR
  • Keamanan
  • Kerja sama
  • Kerjasama
  • LAM INFOKOM
  • Mitra Akreditasi Internasional
  • Mitra Akreditasi Perguruan Tinggi
  • Mitra AMI
  • Mitra Internasional
  • Mitra ISO 90001 DAN 21001
  • Mitra ISO 9001 dan 21001
  • Mitra Laboratorium
  • Mitra Mutu Lulusan
  • MITRA OBE
  • Mitra Sertifikasi
  • Mitra SPMI
  • Monitoring
  • Mutu Perguruan Tinggi
  • NGOPI
  • PELATIHAN NASIONAL
  • Pembekalan
  • Pendampingan
  • Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023
  • PPEP
  • PROMO
  • Roadshow
  • Sarasehan
  • Sertifikasi
  • Sharing Session
  • Sosialisasi
  • SPMI
  • Talent Mapping
  • Uncategorized
  • WEBINAR NASIONAL
  • Zona Integritas
    •   Back
    • Kerja sama
    •   Back
    • Kerjasama
Load More

End of Content.

Open chat
Hello 👋
GRATIS Konsultasi Sistem Manajemen Mutu Untuk Perguruan Tinggi Anda!